Wednesday, September 28, 2011

Asal Usul Tari Saman


Tari Saman adalah sebuah tarian yang berasal dari provinsi di Pulau Sumatra yaitu dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Tarian ini disebut tari saman karena tarian ini didirikan dan dikembangkan pertama kali oleh syekh yang bernama Saman yaang berasal dari Gayo. Tari saman juga sering disebut sebut tarian suku Gayo. keunikan dari tarian ini, tarian ini tidak dilakukan dengan posisi badan berdiri, tetapi posisi badan dari para dancer adalah duduk. gerakan yang diperlihatkan pada tarian ini  yaitu gerakan tangan yang makin lama semakin cepat, pergerakan badan tanpa berdiri, dan ketepatan gerakan kepala. dimana semua gerakan harus disingkronkan dengan musik yang ada. syair dari lagu lagu saman merupakan bahasa arab dan bahasa gayo. bisa dibilang tarian ini termasuk tarian yang sakral. musik yang mengiringi lagu lagu tersebut berasal dari gendang yang ditabu oleh seorang "abang". biasanya para dancer menyebut pemusik dengan sebutan "abang". pada sebuah tim saman biasanya terdiri dari 10-20 orang. 
Konon katanya dulu tarian ini dimainkan oleh laki-laki karena tarian ini "kasar", maksud kasar disini adalah sangat jarang ditemukan gerakan yang membutuhkan gerakan gemulai, kekuatan tepukan tangan dan ketepatan lah yang diperlukan. arian saman adalah tarian yang membutuhkan kekompakan luar biasa serta kepercayaan dari tiap dancer maupun pemusiknya. kostum yang digunakan tarian ini adalah berupa baju melayu,celana panjang, kaos kaki, topi, selempang, ikat pinggang, songket dan kerudung. untuk kerudung itu relatif karena ada yang menggunakannya tetapi ada juga yang rambutnya dicepol atau dikonde keatas. untuk masalah make up pada setiap tim saman relatif tergantung kepada para timnya masing masing. 
inilah kira kira gambaran keseluruhan dari tari saman. untuk lebih detilnya saya bahas satu persatu dipost post berikutnya :')

No comments:

Post a Comment